KOOLOM

Stay informed and read latest news from Koo

HomeKoolom

Apakah Cinta Patut Diperjuangkan? Review Komik Stupid Love

24 Mei 2024

Apakah Cinta Patut Diperjuangkan? Review Komik Stupid Love

Ketahui kapasitas diri sendiri sebelum mementingkan orang lain.

;beli-stiker;;;Screenshot-2024-05-07-192240

Stupid Love merupakan komik yang dirilis oleh DS Studio. Cerita komik ini berpusat pada si protagonis bernama Danu yang digambarkan sebagai sosok yang tertindas di sekolah, terutama oleh orang yang bernama Angga. Danu memiliki sahabat bernama Kanina, seorang gadis tomboy yang jago bela diri, berbanding terbaik dengan Danu. Dikisahkan pula si Danu yang memiliki kekasih dari sekolah lain bernama Rumi. Singkat cerita, Rumi ingin memutuskan hubungan dengan Danu karena ia merasa Danu terlalu lemah lantaran sering dijadikan samsak oleh Angga. Danu yang tak terima pun bertekad untuk belajar bela diri dan dengan segenap nyalinya mengajak Angga untuk berduel.

Komik ini memiliki total keseluruhan 3 chapter yang dapat dinikmati di platform Koomik.id. Mengingat ini merupakan cerita singkat yang langsung tamat dalam 3 chapter, pembaca dapat menamatkan komik ini dalam sekali duduk. Walaupun singkat tapi komik ini dapat menyampaikan pesan yang mereka ingin sampaikan.

Unsur persahabatan yang kental juga menjadi highlight di sini. Diceritakan di awal bahwa Danu memang menyukai Kanina sejak lama dan sudah sering juga ditolak olehnya. Namun terlepas dari itu semua, mereka tetap bersahabat seperti semula bahkan ketika Danu akhirnya memiliki kekasih.

Ilustrasi yang disuguhkan memberikan perasaan nyaman dan menyenangkan. Tidak bohong jika mereka mengklaim bahwa art style yang mereka punya mendetail dan tajam. Saya suka dengan detail detail kecil yang dibuat. Contohnya adalah ketika ada reaksi dari kebisingan yang membuat kucing terperanjat.

;856bcae76d5792b6368bec048efb5a25-01

Adegan duel pada chapter 3 cukup Panjang dan dibuat dengan jelas sehingga pembaca tidak bingung dengan pergerakan yang mereka lakukan. Yang saya suka adalah dalam adegan berkelahi ini terdapat selipan-selipan pikiran batin si protagonis yang mempengaruhi keputusannya dalam mengambil tindakan. 

Saya menyadari bahwa DS Studio ini cukup konsisten dengan project komik mereka,yaitu adanya bubble yang berwarna-warni. Meskipun tetap didominasi oleh bubble putih, namun bubble berwarna juga memberikan kesan ‘hidup’ pada bagian akhir komik ini.

Terdapat plot twist kecil di akhir yang membuat tertawa sekaligus menimbulkan hasrat ingin menampol si karakter utama. Dan ternyata hal itu juga dirasakan oleh sang teman, Kanina. Pasalnya setelah si protagonis selesai melontarkan celetukan itu, ia benar-benar ditempeleng oleh Kanina. Namun ternyata hal itu bukan satu-satunya punchline dari Danu. Setelah tempelengan maut itu, ada satu celetukan lagi yang tak kalah mengesalkan namun juga kocak jika melihat situasi mereka saat itu. 

Selain itu, kalimat penutup cerita “Cinta itu memang nggak bisa dipaksa, tapi bukan berarti nggak bisa diperjuangkan” saya rasa cukup masuk akal jika dikaitkan dengan judulnya Stupid Love yang mana menggambarkan kebiasaan seseorang yang cenderung menjadi ‘bodoh’ karena cinta, memperjuangkan sesuatu yang tidak pasti. Namun jika dipikirkan lagi, pasti selalu ada hikmah yang dapat dipetik dari setiap usaha. Jika teman-teman bosan dan ingin membaca cerita yang pendek dan langsung tamat, Stupid Love patut dijadikan salah satu opsi. Untuk membacanya, langsung saja buka website atau aplikasi Koomik.id ya!


Writer : Dinda

Ilustrator : Lindha


You must Register or Login to post a comment